Hal Yang Harus Dihindari Saat Hari Pertama Kerja

ByBukar

Hal Yang Harus Dihindari Saat Hari Pertama Kerja

Dan jika kamu susah bangun pagi, maka pasang alarm dengan three waktu berbeda. Dengan datang tepat waktu, maka kamu akan terlihat bersemangat dalam menjalani hari-hari di kantor. Karena itu, jangan takut untuk meminta kritik dan saran dari rekan kerja kamu di saat menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas. Menjual diri dalam arti positif dapat terasa sedikit aneh di waktu-waktu tertentu, namun di saat semua orang bisa bersuara, Anda harus memiliki hal yang membuat Anda menonjol. Tentunya menghadapi hari-hari pertama bekerja membutuhkan serangkaian persiapan, tak hanya berupa pakaian yang sesuai, namun juga perilaku yang tepat. Berikut 5 ideas yang patut diterapkan jika anda sedang bersiap untuk masuk kerja hari pertama, dilansir Forbes.

Beberapa tips untuk bekerja di hari pertama

Cari tahu pilihan dan jadwal sarana transportasi umum yang harus kamu gunakan, atau jika kamu membawa kendaraan pribadi, cari tahu di mana kamu bisa memarkir kendaraan pribadimu. Percaya deh, kamu tidak mau menjadi ‘si alasan klasik yang terlambat karena macet’ di hari pertama kerja. Rencanakan ini dengan baik, dan kamu bisa menghindari satu masalah yang tidak perlu terjadi hari itu. Merasa nyaman itu penting dan bisa memberikan kepercayaan diri yang tinggi untuk kamu butuhkan saat memasuki lingkungan baru. Namun, harus kamu ingat ya Sobat, penampilan profesional kamu juga harus cocok dengan nilai-nilai perusahaan di tempatmu bekerja. Carilah titik kenyamanan antara kesan profesional dan menjadi diri sendiri.

Buatlah atasan dan rekan kerja merasa nyaman bila di dekatmu karena kamu memiliki energi positif, semangat luar biasa, dan sikap baik yang bisa ditularkan. Saat hari pertama bekerja, usahakan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja lainnya. Itu merupakan salah satu cara agar kamu bisa lebih dekat dan memiliki teman di kantor. Kamu mungkin akan khawatir akan menghadirkan kesan buruk di hari pertama mereka bekerja. Karena itu, kesan pertama merupakan penting yang harus kamu tunjukkan. Usahakan untuk mengingat nama teman sekerja Anda, minimal yang satu bagian atau divisi.

Salah satu tandanya dengan pekerjaan yang selalu telat dari deadline yang sudah ditentukan. Untuk hari pertama gunakan waktu kerja sebaik mungkin untuk bisa adaptasi lebih cepat dan agar kamu lebih bisa dihargai oleh rekan kerja dan atasan. Ini dikarenakan ketidak tahuan kita dalam mengerti kondisi lingkungan kerja nantinya di hari pertama kerja. Maka dari itu ada beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam mengatasi gugup di hari pertama kerja. Untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat Anda malu di hari pertama masuk kerja, lakukanlah tujuh hal berikut agar mendapatkan keberhasilan pada saat memulai pekerjaan baru. Memang dengan cara ini, Anda tidak hanya siap untuk hari pertama di tempat kerja, namun juga siap untuk transisi cepat dari karyawan baru menjadi yang dapat diandalkan dalam jangka panjang.

Jadikanlah diri Anda menjadi karyawan yang aktif dan peka terhadap lingkungan sekitar. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi lebih mudah berbaur dengan karyawan lain dan juga memudahkan mendapatkan bantuan jika sedang mengalami masalah. Jika anda bergabung di sebuah perusahaan untuk jabatan lebih tinggi, cobalah untuj melakukan hal yang sama dengan bawahan anda. Ajak mereka duduk bersama dan bicarakan beberapa hal element tentang cara kerja tim anda. Di saat seperti itu, lihat lagi deskripsi pekerjaanmu dan ingat-ingat apa yang kamu lakukan di pekerjaan sebelumnya jika memang mirip, sehingga kamu siap untuk langsung kerja. Namun memang tidak bisa benar-benar tahu apa yang akan dihadapi besok, jadi persiapkan diri untuk apapun.

Berdasarkan aturan PPKM darurat bahwa penyekatan ini dilakukan dari pagi hingga jam eight malam. Lalu dari pukul 20.00 hingga 04.00 pagi diberlakukan jam malam. Kong4D Selain itu, masyarakat mulai mencari celah-celah agar tidak melalui pos-pos penyekatan. Sehingga kendaraan pun bebas keluar tanpa melewati pos penyekatan.

Jangan sampai anda menyerah ketika mendapat tekanan yang tinggi. Banyak sekali karyawan baru yang sering keluar karena tidak kuat dengan tekanan yang ada. Hal itu akan menghambat anda dalam berkarir di dunia kontraktor. Hari pertama kerja sebaiknya dilakukan dengan perkenalan terhadap teman-teman seluruh kantor. Perkenalan bisa dilakukan hanya dengan sekedar berjabat tangan dan menyebutkan nama.

Ini dapat membuat Anda lebih dapat berpikir jernih, sebelum mulai disibukkan oleh e-mail dan lainnya. Anda juga bisa menggunakan waktu ini untuk menyortir hal-hal yang dirasa perlu untuk dikerjakan lebih awal, dan pekerjaan yang bisa dilakukan nanti-nanti. Lebih lanjut, jam kerja tersebut juga merupakan jam kerja efektif yang tidak dihitung waktu istirahat. Sementara itu, beberapa negara seperti Meksiko dan Korea Selatan menerapkan jam kerja yang lebih dari 40 jam selama sepekan.

Jangan lupa juga untuk mencatat instruksi yang diberikan atasan atau rekan kerja. Memiliki dan memulai pekerjaan baru, lingkungan kerja yang baru, rekan kerja yang baru, dan segala sesuatu mengenai pekerjaan baru akan masih terlihat asing. Jika Anda mendapati kesulitan atay ada pekerjaan yang tidak dipahami, jangan malu dan takut untuk bertanya kepada rekan kerja senior atau atasan di kantor. Anda bisa melakukan diskusi kepada atasan untuk mendapatkan solusi bersama mengenai pekerjaan tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari kesalahan fatal, mendapatkan kepercayaan diri untuk terus belajar dan tanggung jawab atas pekerjaan.

Dengarkan penjelasan dari senior-senior, jangan malu untuk bertanya dan meminta bantuan untuk hal yang kamu tidak ketahui. Selain bisa membangun relasi, hal ini juga menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang bisa bekerja sama dan mudah bergaul. Meskipun tidak ada aturan berpakaian resmi dari kantor, kenakanlah pakaian rapi dan sopan yang akan meninggalkan kesan profesional di hari pertama. Mengenakan pakaian formal seperti blus atau blazer bisa jadi pilihan jika perusahaanmu adalah institusi resmi. Sementara kemeja atau kaus berkerah untuk perusahaan yang lebih kasual ataustartup. Sebelum berangkat ke kantor baru, cari tahu dulu budaya berpakaiannya.

About the author

Bukar administrator