Upaya Mamikos Mempertahankan Bisnis Saat Pandemi Covid

ByBukar

Upaya Mamikos Mempertahankan Bisnis Saat Pandemi Covid

Dalam menjalankan usaha, maka diperlukan langkah rutin untuk menyiapkan dana darurat. Dana ini akan menjadi penyelamat mempertahankan usaha jika keadaan luar biasa terjadi. Untuk itu penting menempatkan dana darurat ini pada instrumen keuangan yang juga memberi pertumbuhan nilai.

Pembatasan ini juga berlaku untuk kegiatan transaksi tunai yang melibatkan uang sebagai objek. Adapun diskon paling menarik yang sering diterapkan pemilik usaha antara lain pemberian kupon potongan harga pada pembelian berikutnya, potongan khusus dengan jumlah pembelian minimal, hingga free of charge ongkir apabila membeli dengan jumlah tertentu. Penawaran diskon menarik pada bisnis merupakan bagian dari metode penjualan dengan harga paling murah, meski sebenarnya bisa tetap maksimal selama kamu pandai mengatur strategi. Di samping itu perlu kamu pahami bahwa konsumen cenderung lebih tertarik untuk belanja dengan iming-iming diskon.

Sebab mereka dapat merasakan ada nilai lebih yang dirasakan ketika berbelanja produk milikmu. Namun, kamu perlu merancang promosi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pelanggan di tengah situasi saat ini. Agar tidak memberatkan, buatlah target-target dalam jangka pendek dan menengah untuk mencapai target jangka panjang. Misalnya, dalam jangka panjang kamu berencana untuk mengembalikan pendapatan agar sama seperti pandemi. Untuk mencapainya, kamu buat dulu plan jangka pendek seperti melakukan penjualan on-line, membuat promosi produk dengan cara baru, dan lainnya.

Mempertahakan bisnis disaat pandemi

Meskipun tidak semua startup bisa menerapkan cara ini, paling tidak mereka bisa melakukan penghematan dan memangkas pengeluaran yang dirasakan tidak terlalu penting dalam anggaran mereka. Pada akhirnya ‘cash is king’ menjadi hal yang krusial bagi startup untuk bisa bertahan dengan dana yang dimiliki saat ini, sambil mengantongi pendapatan meskipun jumlahnya mengalami penurunan akibat pandemi. Namun, di masa pandemi ini ada kelonggaran waktu yang bisa dimanfaatkan untuk menambah keahlian baru. Misalnya, karyawan bidang advertising bisa mengembangkan ide-ide pemasaran baru. Karyawan di bidang finance bisa mempelajari sistem finance berbasis software program digital, dan karyawan lainnya Anda sesuaikan pengembangan softskillnya sesuai dengan bidangnya masing-masing. Namun jangan lupa, bahwa dengan terus memasarakan produk dan melaunching produk baru, Anda juga telah mengupayakan agar karyawan Anda tidak hilang matapencahariannya.

Sebagai contoh, jika Anda seorang pengusaha yang bergerak di bidang makanan, maka Anda bisa menekan biaya operasional dengan mengoptimalkan layanan delivery order. Dengan mengoptimalkan layanan ini, maka Anda tidak akan membutuhkan kehadiran banyak karyawan karena tidak melayani pembelian di tempat. Berhemat merupakan solusi penting dalam menangani kondisi usaha yang sedang surut. Anda bisa memulai berhemat dengan menekan biaya operasional rutin perusahaan, seperti biaya listrik, air, ataupun web.

Perlu diketahui juga bahwa mempertahankan karyawan itu sangat penting untuk menjaga stabilitas bisnis Anda. Sebab mereka sudah mengerti cara dan pola Anda dalam menjalankan bisnis. Banyak teknologi yang bisa Anda manfaatkan agar kegiatan bisnis bisa berjalan senormal biasanya. Misalnya, untuk assembly dengan tim sehari-hari, memanfaatkan aplikasi Zoom. Begitu juga bila perlu berkomunikasi dengan klien, Anda bisa mengajak pemakaian video conference call. Optimalkan aplikasi working deck seperti Slack atau Trello agar kerja tim tetap terpantau kapan saja.

Pihaknya mengajak para pengusaha muda lainnya untuk berinovasi dalam pemasaran melalui sistem online. Dalam kondisi perkembangan informasi dan teknologi, katanya, pemasaran melalui on-line merupakan hal yang wajib dilakukan sebagai bagian dari strategi usaha pemasaran. Dikarenakan sebagian besar masyarakat tidak mengunjungi mall atau pusat perbelanjaan maka jalur penjualan secara on-line wajib diterapkan.

Anda bisa memulai mengenalkan profil perusahaan dengan cara membuat website bisnis Anda. Namun, mengingat banyaknya pengusaha yang memanfaatkan e-commerce, Anda juga harus mempertimbangkan harga jual agar produk Anda bisa bersaing di pasaran. E-commerce menawarkan sistem automasi yang memudahkan Anda dalam pengelolaan produk. Selain itu, metode pembayaran yang ditawarkan juga beragam dan lebih memudahkan konsumen. Terlebih dengan tersedianya fitur-fitur menarik dan promo yang ditawarkan e-commerce maka akan semakin memikat konsumen.

Dream – Di situasi pandemi seperi sekarang ini, banyak masyarakat mulai mengalihkan goal pembelinya ke dunia online. Segala kebutuhan, mulai dari primer sampai tersier, sudah banyak tersedia lewat media online maupun platform e-Commerce. “ Penjual yang memiliki kanal pemasaran digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi. Mereka berhasil mempertahankan kelangsungan bisnis dan memastikan lapangan pekerjaan tetap terjaga,” ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, Selasa, 5 Oktober 2020. Banyak pemilik bisnis yang berlomba-lomba menggunakan dunia internet Kong4D sebagai cara promosi on-line dengan harapan bisa menarik calon customer untuk beli di bisnis karena bisa menjangkau goal market tanpa batasan geografi dan waktu. Langkah ini perlu dilakukan terutama untuk mencegah bisnis turun lebih jauh, apakah jika sudah tidak menghasilkan keuntungan apapun.

About the author

Bukar administrator