Strategi Emoline Mempertahanan Bisnis Trend Di Masa Pandemi

ByBukar

Strategi Emoline Mempertahanan Bisnis Trend Di Masa Pandemi

Semua masyarakat diimbau untuk menaati peraturan pemerintah untuk menekan kasus penyebaran kasus virus covid-19 untuk dirumah saja. Dengan adanya layanan pesan antar ini tidak hanya membuat pelaku usaha bisa bertahan saat pandemi dan juga ikut serta menaati kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah dengan mencegah timbulnya pertemuan setiap orang. Pakar Digital Business dan Marketing Tuhu Nugraha mengungkapkan hal yang senada untuk usahawan mikro. Mulai dari operasional, manajemen, hingga pemasaran semua harus bisa dilakukan. Maka cara yang paling murah untuk melakukan inovasi ke ranah digital pasti dilakukan lewat online, yaitu media sosial dan marketplace.

Cerita datang dari Steven Huang, salah seorang service provider layanan e-commerce Akulaku Silvrr Indonesia yang kini sukses menjalankan bisnis pakaian laki-laki secara on-line. Namun jangan khawatir, di bawah ini ada 10 ideas yang bisa Anda pakai untuk mengelola bisnis Anda agar bisa terus bertahan di masa sulit. Broker merupakan orang atau perusahaan yang berperan menjadi perantara transaksi antara konsumen dengan pasar modal. Ketika masa ini usai dan kembali berusaha untuk berjalan regular, tentunya Anda harus mempersiapkan ulang sumberdaya dan menyediakan fasilitas baru yang bisa membantu mengeksekusi strategi bisnis Anda nantinya.

Melihat kondisi ini, teman-teman tentu tidak mau mengalami bencana lain dan memperparah keadaan sekarang. Misalnya saja, kurir mengalami kecelakaan, gerai atau toko mengalami musibah, atau terkena dampak banjir, gunung meletus, dan bencana alam lainnya. Bagi Java Group yang memiliki usaha retail berbagai jenis makanan, mulai dari bebek penyet, ayam geprek, hingga fried chicken lokal, data-data di atas hanya berarti satu hal. Bahwa sudah saatnya pelan-pelan jalur perdagangan ia alihkan ke ranah distribusi online dan supply order. Datangnya pandemi mempercepat proses pengalihan ini, dan Java Group “dipaksa” belajar mengenai strategi perdagangan F&B secara on-line agar usaha retail-nya dapat bertahan. Sistem on-line order, dikatakannya, merupakan sistem jual-beli yang sekarang tengah berkembang pesat, dan sobat UKM pun harus memanfaatkan hal ini.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Setiap ilmu yang didapat dari kampus MM Universitas Widyatama seharusnya diterapkan dalam bisnis tambah Didi. Didi sangat bersyukur dengan strategi yang dijalankan, sampai bulan September 2020 ini sudah mencapai 80% dari goal dan Didi yakin masih bisa mencapai 100% goal. Apa yang dilakukan Didi ini tidak lepas dari pengalaman berbisnis selama ini dan juga ilmu yang didapatkan di Magister Manajemen Universitas WIdyatama.

Sebelum aksi korporasi dilakukan, tercatat minat penjual untuk memanfaatkan platform digital memang naik drastis di tengah pandemi. Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada 2020 mencatat bahwa 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133%. Kondisi pandemi yang berdampak pada beralihnya bisnis melalui jalur on-line, membutuhkan partner yang bisa memastikan produk diterima konsumen dengan cepat dan aman. Karenanya, layanan logistik same day supply menjadi populer untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sehari-hari.

Dilihat dari dampak positifnya tentu pemerintah ingin mencegah timbulnya keramaian sebab semua aktifitas dilakukan di rumah saja. Dan dilihat dari dampak negatifnya yaitu lumpuhnya kegiatan perekonomian, banyak perusahaan yang memecat karyawannya, toko yang merugi, pengangguran meningkat dan begitu seterusnya. Oleh karena itu, sikap yang bijak untuk menghadapi permasalahan ini ialah harus bisa bertahan hidup dengan cara berbisnis dan berinvestasi. Aspek pasar, secara umum pasar itu tetap ada meskipun mereka membatasi pengeluaran. Sehingga para pelaku usaha bisa melakukan kontak kembali dengan para buyer sebagai bentuk relasional. Melalui relasional ini maka menjadi bagian tetap menjaga terbukanya peluang usaha kita.

Namun, mahasiswa yang berwirausaha perlu difasilitasi dan menjadi bagian dalam pembelajaran di kampus melalui Senat akademi dan Program Pengabdian masyarakat yang dipelopori oleh Perguruan Tinggi dan Dosen terkait dalam pelaksanaannya. Hal untuk dicapai adalah untuk menarik minat konsumen tertarget dengan kemudahan dan kepraktisan layanannya. Berbeda dengan dirinya sendiri yang menciptakan suatu usaha start-up UMKM, mahasiswa dapat melakukan mengedukasi kepada semua pelaku UMKM lainnya. Sehingga, mahasiswa dapat menjadi agen penggerak ekonomi selama masa dan setelah atau pasca-pandemi Covid-19. Pada sektor formal atau dunia bisnis secara umum , sekitar lebih dari 6,four juta orang pekerja terkena PHK atau dirumahkan akibat Covid-19. Sedangkan bidang informal atau UMKM, pengusaha yang meminta untuk peran di perbankan berdasarkan hasil laporan Otoritas Jasa Keuangan sudah mencapai sedikitnya Rp 550 triliun dari total hampir Rp 1.a hundred triliun.

Di tengah kondisi ini dimana masyarakat diimbau bertatap muka dan keluar rumah, media sosial dapat menjadi salah satu cara dalam mempromosikan produk atau usaha yang kamu miliki jika kamu belum mencobanya. Mari kita katakan; Anda masuk ke dalam bisnis restoran yang menawarkan hanya dalam makan. Di situasi seperti ini di mana masyarakat melakukan physical distancing, perilaku berbelanja masyarakat pun ikut berubah. Salah satu cara untuk menghadapinya adalah beradaptasi dengan keadaan, seperti mengalihkan strategi penjualan melalui e-commerce, media sosial, search engine, dan penjualan melalui market. Cobalah untuk menerapkan strategi digital advertising untuk menghemat price range promosi sehingga peluang bisnis UMKM yang kamu miliki bisa memiliki jangkauan yang lebih luas.

Pada dasarnya, terdapat tiga bahan bakar utama dalam berbisnis, yaitu waktu, energi, dan uang. Kebanyakan pelaku usaha memiliki uang, tetapi tidak memiliki waktu dan energi karena dihabiskan oleh pencatatan manual dan cara-cara tradisional. Selain itu, UKM juga perlu memperbaiki strategi dalam berkoordinasi dan berkolaborasi dengan timnya. Pemanfaatan teknologi dan tools-tools profesional yang sudah tersedia saat ini bisa menjadi cara pelaku usaha menentukan menentukan prioritas pekerjaan, memonitor dan mengevaluasi pekerjaan-pekerjaan yang sudah dilaksanakan dalam periode tertentu.

About the author

Bukar administrator