Sejarah Perkembangan Koperasi Di Dunia Dan Di Indonesia

ByBukar

Sejarah Perkembangan Koperasi Di Dunia Dan Di Indonesia

Jadi berapapun produksi aspal buton, sekarang negara yang akan menjadi pembelinya,” tegas Bahlil. Bisnis transportasi truk terdiri dari dua segmen utama, yaitu TL dan LTL (less-than-truckload). Untuk jarak jauh, trucking lebih mahal dari kereta api, tapi menawarkan keuntungan fleksibilitas pengiriman door-to-door dan waktu pengiriman yang lebih pendek. Selain itu, trucking tidak memerlukan switch antar pickup dan pengiriman. Dampak transportasi terhadap lingkungan dapat secara langsung maupun tidak langsung. Meskipun perkembangan teknologi mesin-mesin kendaraan memungkinkan efisiensi konsumsi gasoline dan oli, namun secara complete konsumsi fuel dan oli masih besar seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan yang digunakan untuk mendukung aktivitas transprotasi.

Kepala BKPM juga selalu mengingatkan agar kegiatan pelaku usaha di lapangan sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. “Tadi saya cek langsung di PLTU Batang, standardisasi COVID-19 bahkan dia sudah pakai teknologi yang otomatis mampu mendeteksi suhu tubuh karyawan yang masuk ke kawasan pembangkit,” ucap Bahlil. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia melakukan kunjungan kerja ke sejumlah kawasan di Jawa Tengah hari Sabtu dan Minggu (6-7 Juni 2020). Ini dilakukan untuk memastikan iklim investasi dalam situasi kenormalan baru atau new regular. “Kita ingin pastikan bahwa di period new normal ini, kegiatan investasi kembali berjalan regular seperti sedia kala,” ujar Bahlil.

Beberapa point untuk langkah awal usaha dibidang mode

Termasuk mengalihkan dari ‘negative list’ menjadi ‘positive list’,” pungkas Bahlil. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal bertemu dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah untuk membahas partisipasi UKM dalam kegiatan investasi Indonesia. Menteri LHK Siti Nurbaya yang didampingi juga oleh jajaran Pejabat Eselon 1 dan 2 nya menyambut baik usulan dan rekomendasi yang disampaikan oleh BKPM mengenai rencana percepatan perizinan yang akan dilakukan. “Kami tidak keberatan untuk menggabungkan atau menghapuskan izin-izin yang ada sekarang selama tidak menyalahi ataupun melanggar Undang-Undang.

Hal ini merupakan kerja nyata yang dilakukan oleh seluruh jajaran di BKPM dalam menjalankan visi Presiden RI Joko Widodo untuk melayani investor baik asing maupun domestik secara lebih baik. Dalam keterangan persnya, Kepala BKPM Thomas Lembong menyampaikan bahwa sebagai Lembaga Promosi Investasi, kita harus menyikapi tren perlambatan ekonomi sebagai hal yang lumrah dalam siklus ekonomi global. Momentum ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan refleksi, koreksi, dan perbaikan bersama. Salah satu tugas lembaga promosi adalah meyakinkan ekosistem bisnis bahwa peluang investasi tetap terbuka terutama pada sektor teknologi dan digitalisasi.

Dari data yang dimiliki oleh BKPM, jumlah proyek dari realisasi investasi tahun 2015 mencapai 7.506 proyek meningkat 119% dari periode tahun sebelumnya sebanyak 3.421 proyek. Potensi investasi sektor industri makanan dan minuman di Indonesia menarikminat investor Korea Selatan. Tim marketing investasi BKPM untuk wilayah Timur Tengah mengidentifikasi adanya minat dari salah satu grup besar perusahaan Arab Saudi untuk berinvestasi di sektor properti dan industri. Investor asal Jepang menyampaikan minat investasinya sebesar US$ 1,6 juta (setara dengan Rp 20 miliar dengan kurs dolar Rp 12.500) di bidang industri kemasan sikat gigi. Badan Koordinasi Penanaman Modal kembali mengidentifikasi minat investasi dari produsen susu ternama Selandia Baru yang berminat untuk menanamkan modalnya di bidang Peternakan Sapi Perah terintegrasi dengan industri pengolahan susu.

About the author

Bukar administrator