New Regular Dalam Bisnis

ByBukar

New Regular Dalam Bisnis

Oleh karena itu, perusahaan perlu untuk memaksimalkan aspek emosional pembeli. Pada kondisi saat ini, perusahaan dapat menyentuh aspek emosional pembeli dengan mendonasikan sebagian hasil penjualan untuk penanganan Covid -19 di Indonesia. ”Harus membangun kesepahaman untuk bersama-sama melewati masa sulit ini,” kata Hendy.

Lebih dari hanya slogan- Slogan tidak hanya digunakan untuk menyampaikan USP produk Anda, tapi juga mewujudkan bagian lain bisnis Anda. Karena wabah ini, banyak sekali pemilik UKM khawatir akan masa depan usaha mereka. Maka dari itu, inilah saatnya untuk mengandalkan USP atau sisi unik bisnis Anda. Di masa seperti sekarang ini, semua orang sedang berusaha keras untuk beradaptasi. Banyak orang kesulitan beradaptasi dengan situasi baru seperti bekerja di rumah, sekolah di rumah, dan bodily distancing. Artikel ini telah merangkum 10 pedoman bagi Anda pemilik UKM untuk mengelola bisnis di masa pandemi Covid-19.

Keuntungan dari bisnis terdiversifikasi adalah jika salah satu bisnis mengalami kemunduran revenue maka perusahaan tidak akan goyah. Perusahaan akan ammpu bertahan bahkan ditengah pandemi covid 19 sekalipun karena investasi perusahaan tidak hanya pada ‘satu keranjang’ saja. Melihat perubahan perilaku konsumen di tengah pandemi, maka Gojek menerapkan strategi yang fokus pada bisnis inti untuk memastikan pertumbuhan Gojek dan ekosistemnya tetap berkesinambungan. Oleh karena itu, Gojek fokus pada transportasi online, pesan-antar makanan dan kebutuhan pokok, dan dompet digital. Di masa pandemi, membuat bisnis tetap berkelanjutan menjadi tantangan terbesar semua pelaku usaha.

Dengan kreativitas, ia yakin bisnis occasion organizer dapat bertahan dan menemukan peluang-peluang baru. Narasumber kedua diisi oleh Fathin Naufal dari CEO Widya Edutech, dimana usaha yang bergerak dibidang begin up dan fokus kepada pendidikan. Tidak hanya itu saja, bahwa berfikir inovatif dan kreatif juga sangat akan mempengaruhi kemajuan usaha yang dimiliki,” ungkapnya.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Pastikan bisnis Anda tetap berjalan dan mampu bertahan pada saat kondisi pandemi saat ini. Strategi pengelolaan bisnis ini merupakan bagian dari kampanye #UKMTahanKrisis yang bertujuan untuk mendorong pelaku usaha untuk bertahan ditengah tantangan perekonomian di masa pandemi ini. Pada dasarnya, produk adalah barang atau jasa yang dipasarkan dalam bisnis. Sedangkan penawaran adalah cara yang dilakukan pelaku usaha untuk memasarkan produk tersebut. Maka itu, pelaku usaha perlu membedakan antara produk dan penawaran berdasarkan perspektif konsumen.

Ketika sebuah bisnis memilih untuk melakukan pivot, maka bisnis tersebut berada pada kondisi dimana ide bisnis tidak lagi mengalami peningkatan, sehingga perlu untuk mengubah ide dasar bisnis. Namun sebaliknya, apabila ide dasar bisnis mereka dapat diterima dengan baik oleh pasar, maka bisnis tersebut dapat persevere dalam artian bertahan pada model bisnis yang sama dan melanjutkan ke siklus berikutnya. Di masa pandemi Covid-19 yang masih belum pasti kapan berakhir, para pelaku usaha dituntut untuk memutar otak dalam menjalankan bisnisnya, agar mampu terus bertahan. Namun, dengan tantangan bisnis yang semakin kompleks, tidak sedikit dari pelaku bisnis ini terkendala dalam meningkatkan bisnis dan potensi bisnis yang mereka miliki. Untuk itu, CEO & Founder Tribelio.com Denny Santoso yang juga seorang Serial Entreperenur dan Digital Marketer Indonesia meluncurkan platform Tribelio berbasiskan komunitas.

Sektor bisnis ritel menjadi salah satu sektor yang terkena dampak dari pandemi. Selain permintaan pasar yang menurun, tantangan juga datang dari komponen-komponen pengeluaran tetap yang harus dibayar oleh pengusaha. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dikeluarkan pemerintah guna menekan pandemi juga turut menjadi faktor melemahnya omzet.

Perusahaan tidak menyediakan segala bentuk saran atau rekomendasi pendanaan terkait pilihan-pilihan dalam situs ini. Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman. Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.

Karena itu, untuk mengantisipasi masalah ini sebaiknya Anda mulai menyusun listing yang akan menjadi supplier usaha Anda. Misalnya Anda membuat list provider bahan baku untuk usaha rumah makan Anda. Langkah awal dalam memulai sebuah usaha dapat dilakukan dengan ara memeriksa bagaimana kondisi keuangan Anda. Karena walau bagaimana pun memulai sebuah usaha tentunya sedikit banyak tetap membutuhkan modal awal.

About the author

Bukar administrator